Terumbu Karang, Rumah Mahkluk Hidup yang Harus Dijaga

by - 1:43 AM

“Menurut adik-adik, batu karang itu makhluk hidup atau bukan?” Tanya seorang pria dengan microphone sambil membelakangi aquarium. 

“Makhluk hidup!” Seru kelompok anak kecil menjawab pertanyaan pria tersebut. Terbayang kah oleh kalian, bahwa anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar pun sudah mengerti bahwa batu karang juga makhluk hidup? Meskipun pembicara sedikit mencoba untuk ‘mengerjai’ mereka dengan mengatakan bahwa karang merupakan batu dan bukan makhluk hidup, namun adik-adik sekolah dasar tersebut tetap menjawab dengan percaya diri bahwa karang adalah makhluk hidup.

Ya, batu karang memang betul merupakan makhluk hidup dan keberadaanya pun memiliki dampak yang besar bagi laut. Mungkin yang umumnya kita ketahui, terumbu karang merupakan habitat bagi makhluk-makhluk yang tinggal di laut terutama ikan. Tapi tidak hanya itu loh. Selain untuk menjadi rumah para makhluk laut, terumbu karang juga dapat menjadi pelindung pantai dari abrasi yang dapat merusak pantai. Terumbu karang yang Indah juga menjadi atraksi wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut, kita juga bisa menggunakan batu karang sebagai hiasan.

Namun, apa kita hanya ingin menikmati indahnya terumbu karang tanpa mau menjaganya? Terumbu karang yang berada di laut tidak lepas dari ancaman-ancaman yang menantinnya. Ancaman tersebut dapat diakibatkan oleh perubahan iklim global, hama dan penyakit, dan bahkan aktivitas manusia.

Aktivitas manusia seperti apa saja yang dapat merusak terumbu karang? Hal yang paling mudah untuk dijadikan contoh adalah aktivitas penggunaan alat untuk menangkap ikan yang tidak ramah lingkungan dan menjadikan laut sebagai pembuangan akhir. Dan untuk mencegah hal tersebut, tentu harus ada hukum yang tegas mengenai perlindungan terhadap terumbu karang.


Namun untuk menjaga lingkungan, tentu semua harus kembali kepada masing-masing individu itu sendiri. Anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar saja Sudah mengerti bahwa terumbu karang merupakan makhluk hidup yang harus dijaga, apa kita yang Sudah memahami betul akan diam begitu saja membiarkan keindahan terumbu karang dirusak oleh tangan manusia sendiri?

You May Also Like

0 comments